Friday, May 8, 2020

Keripik Oleh Oleh Khas Pekanbaru


Pekanbaru merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Pekanbaru termasuk salah satu kota yang menjadi sentra ekonomi di Pulau Sumatera. Selain itu, Pekanbaru juga memiliki tingkat pertumbuhan, urbanisasi serta migrasi yang tinggi. Sebagai salah satu kota yang menjadi sentra ekonomi terbesar di Sumatera, Pekanbaru menawarkan banyak hal termasuk tempat wisata dan oleh-oleh. Oleh Oleh khas Pekanbaru sangat beragam mulai dari makanan hingga barang-barang non-konsumsi.

Keripik Nanas

Pekanbaru Riau diberkahi dengan tanah yang subur sehingga membuat komoditas pertanian dapat tumbuh subur di tanah tersebut. Salah satu komoditas pertanian yang berlimpah dan dapat ditemukan dengan mudah di Pekanbaru adalah buah nanas. Sebagai buah segar, nanas memiliki banyak kandungan air sehingga sifatnya tidak tahan lama. Artinya, buah nanas segar bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru. Terlebih wisatawan yang datang dari daerah yang jauh dari Riau. Untuk mengatasi hal tersebut, penduduk Pekanbaru berusaha mengkreasikan buah nanas agar dapat menjadi oleh-oleh yang sifatnya lebih tahan lama. Nanas yang berlimpah tersebut dibuat menjadi keripik sehingga kadar airnya berkurang. Dengan begitu, nanas yang telah diolah menjadi keripik dapat bertahan lebih lama dan cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Pekanbaru. Nanas Pekanbaru memiliki ciri khas yaitu bentuknya yang besar dengan kandungan air yang banyak serta berdaging manis. Nanas yang akan dibuat menjadi nanas awalnya dikupas terlebih dahulu kemudian diiris tipis-tipis. Setelah diiris, nanas direbus terlebih dahulu kemudian dijemur hingga kering di bawah sinar matahari secara langsung. Nanas kemudian dimatangkan dengan digoreng setelah dijemur hingga kering.

Baca juga : Minum Kopi Ditemani Oleh oleh Khas Pekanbaru

Pekanbaru Riau dengan segala keindahan yang ditawarkannya dapat menjadi destinasi wisata yang menarik. Oleh oleh khas Pekanbaru tidak hanya keripik nanas tetapi masih banyak lagi oleh-oleh khas yang lain. Untuk mencapai salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera ini dibutuhkan sarana transportasi seperti Daihatsu yang dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang saat berkendara.

No comments:

Post a Comment